Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayi Berkepala Dua Akhirnya Meninggal

Kompas.com - 28/08/2008, 15:35 WIB

SEORANG bayi laki-laki yang lahir dengan dua kepala di sebuah klinik di kawasan barat daya Banglades akhirnya meninggal dunia setelah mengalami demam dan kesulitan bernapas.

Bayi yang dinamai Kiron itu lahir melalui persalinan caesar, Senin kemarin, dengan berat 5,5 kg di Keshobpur, 85 mil dari kota Dhaka. Sayangnya, Kiron mengembuskan napas terakhirnya pada Rabu malam setelah kedua orangtuanya memutuskan membawanya pulang ke rumah karena tidak nyaman dengan kerumunan orang dan kesulitan biaya.

Seperti diberitakan AFP, Rabu (27/8), lahirnya Kiron menarik perhatian masyarakat setempat. Setidaknya 150.000 orang berdesakan di klinik untuk melihat bayi Kiron. Polisi sempat diminta bantuan untuk mengendalikan kerumunan dan kemudian mengirim bayi itu ke rumah sakit di Jessore. Namun, proses pemindahan itu batal karena orangtua Kiron tak mau memenuhi perintah dokter karena kesulitan biaya.

“Kami ingin mengirimkannya ke sebuah rumah sakit di Dhaka, tapi keluarganya begitu miskin dan mereka tidak mampu membawanya ke sana. Oleh karena itu, mereka akhirnya membawa bayi itu pulang ke rumah sebelum akhirnya meninggal di sana. Kasus ini memang sangat tidak biasa. Bayi ini punya satu tubu, tapi memiliki dua kepala yang lengkap,” kata seorang dokter KS Alam.

Sementara itu, ginekolog Mohamad Abdul Bari menyatakan, bayi ajaib ini dapat mencerna makanan secara normal dengan satu perut. "Dia memiliki satu perut dan ia makan secara normal dengan dua mulutnya. Bayi ini punya satu organ genital dan seperangkat anggota badan yang lengkap. Dia lahir dari satu embrio, tapi ada perkembangan yang anomali," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com