Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Umulalilah, "Wanita Perkasa" dari Gresik

Kompas.com - 26/08/2008, 20:44 WIB

SIDOARJO, SELASA- Umulalilah (34), nasabah Bank Mandiri Krian, warga Desa Pasiran, Kecamatan Wringinanom, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Selasa (26/8), berhasil menggagalkan perampoak atyas dirinya. Bahkan karena tekad keberaniannya, salah satu perampok ditembak dan dihajar massa.

Percobaan perampokan itu terjadi di depan SMPN III, Desa Sidorejo, Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo, saat Umulalilah pulang dari mengambil uang tunai Rp 14 juta dari Bank Mandiri Krian dengan mengendarai motor sendirian.  Sampai di Kantor Perumahan Graha Permata Jalan Sidorejo, Krian, ia berhenti untuk membayar utang. 

Begitu parkir, tiba-tiba datang dua motor yang masing-masing berboncengan. Salah satu pelaku menarik tas yang dibawa Umulalilah, tetapi wanita ini tak mau menyerah. Tarik-tarikan tas pun terjadi.

Salah satu pelaku kemudian mengeluarkan gobang, semacam arit besar,  untuk memutus tali tas. Tali memang akhirnya putus, tetapi Umulalilah tetap mempertahankan tasnya yang berisi uang itu dengan cara mendekapnya di dada.

Tiba-tiba pelaku membacokkan gobangnya ke arah Umulalilah, sehingga ia menjerit minta tolong. Warga sekitar yang mendengar teriakan korban, berlari menuju lokasi.

Melihat banyak warga, empat pelaku kabur tanpa hasil rampasan. Satu dari pelaku yang dibonceng, kabur ke kampung hingga diburu warga dan tertangkap, kemudian dikeroyok massa. Ia adalah Mustopo (45), asal Desa Pancuran, Kecamatan Poncokusumo, Malang.

Kepala Kepolisian Sektor Krian Ajun Komisaris Kadarisman menyatakan, anakbuahnya yang kebetulan melintas di lokasi sempat menembak salah satu pelaku setelah sebelumnya melepaskan tembakan peringatan. Akan tetapi hingga saat ini tidak diketahui keberadaan pelaku yang luka tembak itu.

Bagaimana dengan Umulalilah? Ternyata bacokan pelaku tak menegnai sasaran. Hanya kerudung bagian belakang kepala Umulalilah robek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com