Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Turis Ceko Tersesat di HL Sungai Wain

Kompas.com - 20/08/2008, 14:21 WIB

Laporan wartawan Kompas Ambrosius Harto

BALIKPAPAN, RABU — Seorang turis asal Republik Ceko tersesat di Hutan Lindung Sungai Wain, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Pencarian saat ini masih dilakukan, melibatkan tujuh regu dari TNI, Polri, staf badan pengelola hutan lindung, dan warga sekitar. ''Statusnya tersesat sebab kami sempat mendapat kontak terakhir dan jejak kaki,'' kata Direktur Badan Pengelola HLSW Purwanto kepada pers di Pos Ulin di gerbang masuk kawasan.

Menurut Purwanto, turis yang dimaksud bernama Jindra Bromova (47). Dia adalah ibu dari Michael Brown, sukarelawan pemelihara beruang madu di Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup, Balikpapan. Purwanto mengatakan, Jindra masuk ke hutan ditemani Michael dan seorang staf BP HLSW pada 15 Agustus 2008. Mereka menuju Camp Djamal, 8 kilometer atau 4 jam berjalan kaki dari Pos Ulin. Selama beberapa hari, Jindra, Michael, dan staf menginap di Camp Djamal bersama dua peneliti Ceko yang sudah menetap sebelumnya.

Purwanto mengatakan, Selasa (19/8) pagi Jindra diduga berjalan-jalan di sekitar Camp Djamal tanpa ditemani siapa pun. Namun, hingga malam Jindra tidak kembali sehingga dicari oleh tim hingga sekarang. Kabar terakhir, Jindra sempat mengirim SMS kepada Michael, mengatakan bahwa dia berada di suatu daerah berpagar yang kemungkinan batas HLSW di bagian utara. ''Namun, kami sudah menelusuri daerah sana, tetapi Jindra belum ditemukan,'' kata Purwanto. (BRO)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com