Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Putuskan Transportasi Sulteng-Sultra

Kompas.com - 05/06/2008, 13:37 WIB

Laporan wartawan Kompas Siwi Yunita

KONAWE UTARA, KAMIS - Banjir setinggi 1,5 meter yang melanda Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, memutuskan arus transportasi antara Sulawesi Tenggara dan Sulawesi tengah sejak sepekan ini. Pengguna jalan terpaksa harus berganti transportasi dengan karena jalan tak bisa dilalui.

Banjir itu terjadi tepat di perbatasan Desa Linomoyo dan Sambadete, Kecamatan Asere, Kabupaten Konawe Utara, Sultra. Air menggenangi sepanjang 400 meter jalan.

Dari pantauan Kompas, banjir masih setinggi pinggang orang dewasa pada Rabu (4/6) malam. Penumpang terpaksa memakai rakit untuk bisa sampai ke Sulawesi Tengah, begitu pula sebaliknya. Irsyad, warga Asere yang mengoperasikan rakit mengakui, banjir terjadi karena kiriman air dan hujan selama delapan hari berturut- turut. Hujan masih terjadi meskipun sempat berhenti dua hari terakhir. "Baru kali ini ada banjir memutus jalan. Biasanya tidak separah ini," ujarnya.

Jalan Kendari-Morowali merupakan satu-satunya jalan darat yang menghubungkan sulawesi tenggara dan tengah. Jalan alteratifnya adalah lewat laut, namun memakan waktu lebih lama yakni sekitar 8 jam dari Kedari menuju Morowali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com