Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cabai Merah Rp 30 Ribu per Kg di Palembang

Kompas.com - 13/04/2008, 09:11 WIB

PALEMBANG, MINGGU - Harga cabai merah besar diperdagangkan di sejumlah pasar tradisional Palembang, Minggu tercatat Rp30 ribu per kg, atau mengalami kenaikan cukup tajam dibanding beberapa hari sebelumnya mencapai Rp18 ribu per kg.
     
Menurut pedagang, sejak Sabtu (12/4) pagi harga cabai merah besar mengalami kenaikan cukup drastis, karena arus pasokan dari daerah sentra produksi berkurang.
    
Masih menurut pedagang, pasokan cabai merah besar agaknya berkurang yang  biasanya datang dari daerah sentra produksi dilakukan secara bersamaan, sekarang ada beberapa daerah tidak memasok sama sekali.
     
Menurut pedagang pengumpul, Ridwan, cabai merah yang diperdagangkan di sejumlah pasar tradisional Palembang, seperti biasa dipasok dari sejumlah sentra produksi daerah Jalur Transmigrasi Kabupaten Banyuasin, Ogan Komering Ilir dan Kota Pagaralam, namun karena ada beberapa daerah tidak memasok sehingga stok di pasaran berkurang.
     
"Sekarang ini pasokan hanya beberapa daerah saja, namun situasi tersebut biasanya hanya berlangsung beberapa saat atau beberapa hari, setelah itu akan berubah bisa saja pasokan melimpah lalu harga turun atau bertahan," katanya.
      
Jadi bisa saja hari ini harga cabai merah besar pada kisaran Rp30 ribu, beberapa jam kemudian stok di pedagang melimpah datang dari semua daerah sentra produksi, sehingga harga kembali turun, tambahnya.
     
Sementara itu, pantauan di sejumlah pasar tradisional, tampak para ibu rumah-tangga agaknya banyak yang kecewa, terbukti begitu mengetahui harga tinggi tidak jadi membeli dan kalaupun berminat paling dalam jumlah sedikit sesuai kemampuan keuangan.
     
Sementara sayur-mayur lainnya tampaknya masih stabil seperti kool gepeng dan daun bawang dipatok harga masing-masing Rp4.000 per kg, tomat sayur Rp4.500 per kg, kentang ukuran sedang Rp4.000 per kg, buncis Rp4.000 per kg, kacang panjang Rp3.000 per kg, bawang merah Rp12 ribu per kg dan bawang putih Rp5.000 per kg. (ANT)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com